Senin, 12 November 2018

WhatsApp Web, Apa dan Bagaimana Cara Menggunakannya

WhatsApp (WA) adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan dan memiliki hampir 1,2 miliar pengguna aktif setiap bulan secara global. Aplikasi pesan instan yang dimiliki Facebook ini menyediakan kepada penggunanya fleksibilitas berbagi teks, gambar, video dan file dengan teman dan keluarga atau siapa saja. Awal tahun 2018 lalu WhatsApp meluncurkan versi desktop dari aplikasi yang dinamakan WhatsApp web. Bagaimana cara menggunakan WhatsApp web di PC atau laptop? Simak tutorial singkatnya berikut ini.



1. Cara menggunakan WhatsApp web di PC

Versi web dari aplikasi ini menawarkan fitur yang hampir sama dengan aplikasinya di smartphone namun dengan beberapa keterbatasan seperti tak bisa melakukan panggilan. Cara menggunakan WhatsApp web di komputer atau laptop cukup sederhana. Buka Google Chrome atau peramban lain dan ketik ‘web.whatsapp.com’ di bilah alamat. Sekarang, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dan ketuk tiga titik vertikal di pojok kanan atas untuk membuka daftar menu. Pilih opsi ‘Web WhatsApp’ dan pindai kode QR yang ditampilkan di browser. Bila berhasil maka akun WhatsApp yang ada di smartphone akan ditampilkan juga di layar komputer atau laptop. Setiap kali ada update pesan di smartphone, otomatis juga akan ditampilkan di desktop.

Untuk pengguna smartphone selain Android misalnya iPhone, Blackberry, Windows Phone, maupun Nokia prosedur menyinkronkan ke PC hampir sama saja yaitu :

- iPhone masuk ke menu Pengaturan > WhatsApp Web.
- BlackBerry masuk menu Chatting > Menu > WhatsApp Web.
- BlackBerry 10 gulir layar dari atas ke bawah > WhatsApp Web.
- Nokia S60 atau Windows Phone masuk Menu > WhatsApp Web.
- Nokia S40 gulir layar dari atas ke bawah > WhatsApp Web.

2. Cara memulai chat di WhatsApp web

Bila anda hendak memulai sesi obrolan di WhatsApp Web, caranya hampir sama dengan di aplikasi. Anda tinggal mencari nama teman yang hendak diajak chat dengan mengetikkan namanya di kolom search di sebelah kiri atas. Maka akan keluar tampilan chat di sebelah kanan sementara sebelah kiri menampilkan daftar teman yang pernah diajak chat. Sesederhana itu langkahnya.

3. Cara mengirimkan pesan suara

WhatsApp Web pun memiliki fitur Voice Recording atau merekam suara untuk kemudian dikirimkan ke teman yang dimaksud. Untuk tujuan tersebut Anda mesti menyediakan mic yang terhubung ke PC atau laptop sebagai sarana merekam suara. Sesudah mic terkoneksi ke PC dan siap digunakan, klik ikon voice recording yang disediakan di sudut kanan bawah layar. Sesudah itu, Anda tekan tombol OK, I GOT IT sekaligus tombol Allow yang terdapat di sudut kiri atas. Otomatis fungsi Voice Recording sudah aktif dan siap merekam.

4. Cara mengubah wallpaper WhatsApp web

WhatsApp web juga mengemas beberapa fitur kustomisasi dari aplikasi, salah satunya adalah fitur mengubah wallpaper chat. Berikut panduan yang harus anda lakukan untuk mengubah wallpaper. Setelah masuk ke WhatsApp web, masuk ke 'Pengaturan' lalu klik pada menu 'Wallpaper'. Sekarang pilih wallpaper yang Anda inginkan dengan mengetuk di atasnya. Selanjutnya tekan 'Ok' untuk mengubah latar belakang ruang chat.

5. Cara berbagi foto atau bentuk file lain

Menggunakan WhatsApp Web pengguna pun bisa memanfaatkan fitur kirim foto, video, file, maupun detil kontak. Langkahnya cukup simpel, Anda tinggal mengklik teman WhatsApp yang hendak dikirimi foto atau bentuk file lain. Sesudah itu, tekan ikon peniti yang terletak di sebelah atas layar persisnya di sebelah ikon menu tiga titik. Hasilnya, dengan otomatis akan keluar beberapa pilihan untuk mengirimkan foto, dokumen, file, video, audio dan juga kontak. Klik sesuai jenis file yang hendak dibagi ke teman Anda tersebut.

6. Cara menampilkan status teman

Status yang dibagikan teman bisa berbentuk teks, foto, dan juga video. Sayangnya di WhatsApp web ini Anda tak bisa ikut mengupdate status terbaru Anda. Cara menampilkan status dari teman cukup dengan klik ikon Status yang terdapat di sebelah atas layar, maka otomatis semua status dari teman-teman anda akan ditampilkan. Status ini memiliki masa tampil selama 24 jam dan akah hilang dengan sendirinya setelah waktunya terlewati.

Dengan WhatsApp web tentunya makin memudahkan pengguna tetap update pesan terbaru baik dari teman maupun grup meski sedang bekerja di depan PC atau laptop. Cara menggunakan WhatsApp pun cukup simpel sebab pada dasarnya layanan tersebut adalah mirror dari aplikasi WhatsApp di ponsel. Selamat mencoba!