Selasa, 26 Februari 2019

Mengenal Pinjaman Tunai Kredivo, Fasilitas Dari Perkembangan Financial Technology Indonesia

Apakah Anda sudah tahu apa itu Kredivo? Jika Anda belum tahu, Kredivo adalah salah satu hasil dari perkembangan financial technology di Indonesia yang bisa memberikan solusi untuk melakukan kredit. Jika Anda sering membeli barang secara online, pasti tidak asing lagi dengan kredit melalui Kredivo, karena sebagian besar e-commerce Indonesia menggunakan Kredivo sebagai media pengkreditan barang yang dibeli.


Selain untuk membayar barang yang dibeli dengan sistem beli sekarang bayar nanti, Kredivo juga memberikan pinjaman tunai pada masyarakat. Pengajuan pinjaman tunai Kredivo tergolong sangat mudah dan bisa dilakukan melalui website maupun aplikasinya. Tentu saja aplikasi tersebut harus Anda download terlebih dahulu melalui store di Android maupun Iphone. 

Seperti mengajukan pinjaman ke lembaga perbankan lainnya, Anda juga wajib mengikuti segala prosedur untuk melakukan pengajuan pinjaman tunainya. Sebelum menggunakan fasilitas Kredivo ini, Anda harus membuat akunnya terlebih dahulu. Syarat-syaratnya adalah:

  1. Anda harus memiliki status kewarganegaraan Indonesia.
  2. Usia pengajuan wajib di atas 18 tahun dan batas usianya adalah 60 tahun.
  3. Wajib tinggal atau berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Bali, Semarang, Bandung, Palembang, serta Medan.
  4. Harus memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.

Setelah mendaftar akun Kredivo Anda, Anda juga wajib melampirkan dokumen-dokumen, seperti KTP, bukti tempat tinggal, bukti penghasilan yang meliputi slip gaji, lampiran mutasi rekening dalam 2 bulan terakhir, dan rekening gaji. Kemudian, Anda hanya perlu menunggu pihak Kredivo memverifikasi akun Anda.

Setelah berhasil di verifikasi, Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman tunai Kredivo. Kredivo memberikan 2 batas limit untuk peminjaman, yakni jika Anda melakukan pembayaran kredit dalam waktu 30 hari, Anda akan mendapatkan limit sampai Rp 3 juta. Satunya lagi, Anda bisa mendapatkan limit mencapai Rp 20 juta apabila Anda melakukan pembayaran kredit secara cicilan.

Tentu saja setiap transaksi cicilan berbeda-beda tergantung dari tenor yang Anda pilih. Tenor yang bisa Anda pilih, yaitu cicilan 3, 6, atau 12 bulan. Adakah bunga atau denda bunga pada pinjaman tunai Kredivo? 

Tentu saja ada. Jika Anda memilih opsi pembayaran kredit selama 30 hari, Anda tidak akan dikenakan biaya bunga apapun. Tapi perlu diingat, itupun kalau bisa melunasi kredit Anda dalam 30 hari dan Anda akan terbebas dari biaya apapun. Berbeda dengan pemilihan opsi pembayaran secara cicilan. Setiap bulannya dan apapun tenor pilihan Anda, pasti akan dikenakan biaya bunga sebesar 2,95%. 

Biaya tambahan denda bunga sebesar 3% akan Anda dapatkan jika terlambat membayar kredit Anda dalam waktu yang sudah ditentukan. Tapi, tenang saja, Anda tidak akan diberikan pembayaran apapun selain itu, karena tidak ada pembayaran pendaftaran dan biaya tahunan. 

Tahukah Anda, kalau bunga pinjaman Kredivo paling rendah di antara penyedia jasa pinjaman kredit? Ya, mereka memiliki bunga kredit lebih rendah dari pihak jasa keuangan lainnya, karena besar bunganya tergolong rendah 1/3-nya dari lembaga keuangan di Indonesia. Sangat enak, bukan dalam mengajukan pinjaman tunai Kredivo?

Untuk melakukan pembayaran tagihannya pun juga sangat mudah. Anda hanya cukup membuka aplikasinya dan pilih bagian transaksi untuk membayar tagihan Anda. 

Anda pun bisa menentukan sendiri berapa jumlah tagihan yang ingin Anda bayarkan. Tapi, Anda harus membuka aplikasinya terlebih dahulu dan memilih jumlah transaksi yang ingin dibayarkan. Kemudian, baru Anda bayar melalui Virtual Account bank Anda atau dari Indomaret. 

Adanya fasilitas pinjaman tunai Kredivo, menjadikan masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan pinjaman uang di waktu yang terdesak. Prosesnya yang mudah dan sistem pencairan dananya juga cepat, sehingga Anda bisa mendapatkan pinjaman dalam sekejap yang hanya perlu melakukan beberapa klik saja pada aplikasi Kredivo-nya.